Pages

Minggu, 01 Agustus 2010

WIKI SOFTWARE

Saat ini, banyak website yang mengandalkan fitur Wiki pada situs mereka. Dengan adanya Wiki maka Anda bisa melakukan editing secara real time terhadap website tersebut, meskipun anda orang awam sekalipun.

Pengertian dari Wiki sendiri adalah sebuah website yang mengizinkan Anda menciptakan atau mengedit berbagai macam interlink web pages langsung melalui web browser, menggunakan markup Language atau WYSIWYG text editor. Wiki ini menggunakan berbagai macam wiki software yang biasanya digunkan untuk membuat website collaborative, website komunitas, personal note, intranet perusahaan, atau untuk knowledge management system.

Dengan wiki, pengguna bisa menggunakan hak editorialnya untuk menghilangkan konten dari web yang dianggap keluar dari topik yang dibahas, contohnya bisa ditemukan pada collaborative web encyclopedia, wikipedia.

Wiki software sendiri dikenal juga dengan wiki engine atau wiki application yang bisa dijalankan pada wiki atau website yang mengizinkan user untuk mengolaborasikan dan mengedit web server menggunakan web browser. Konten dari website tersebut, termasuk seluruh revisi yang ada ataupun artikel sebelumnya, disimpan pada file system atau sebuah database.

Salah satu perbedaan antara Wiki dan Conten Management System (CMS) adalah wiki lebih fokus kepada konten atau isi suatu website dibandingkan dengan CMS yang lebih kepada pengendalian layout, workflow, dan publishing suatu website. Kebanyak Wiki software adalah gratis dan bertipe open source. Banyak juga Wiki yang bertipe modular, dan menyediakan API sehingga programmer pemula jika ingin mengembangkan suatu fitur baru pada wiki tersebut, tidak perlu mempelajari terlebih dahulu codebase-nya.

Beberapa Wiki Software, antara lain:

1. MOINMOIN
MoinMoin adalah sebuah wiki engine yang diimplementasikan menggunakan bahasa pemrogaman Phyton, yang dasarnya bebrbasis pada wiki engine PikiPiki. Lisensi MoinMoin masuk ke dalam GNU General Public License v2.

Mekanisme penyimpanan pada Moin-Moin hanya berupa flat files dan folder. Sehinga Moin-Moin sangat mudah dimanipulasi melalui text editor pada server jika diperlukan. Termasuk jika wiki tersebut diserang oleh spam, user atau administrator bisa merevisi kontennya dengan mudah. Namun selain itu, karena bentuk storage-nya adalah abstraction layer, maka server administrator bisa memilih antara menggunakan flat flat file atau menggunakan relational database.

Wiki Engine ini mendukung plugins yang bisa dimasukkan lewat Macro. Ide lainnya adalah memisahkan parser dan formatter dengan interface seperti SAX. Sehingga Anda bisa mendapatkan output berbentuk DocBook, bukan bentuk HTML.

Moin-Moin mendukung CamelCase linking yang sudah diaktifkan secara default dan tidak bisa di-disable. Ia juga memiliki fitur ACL yang bisa digunkan pada CMS. Selain itu, ia memiliki kemampuan editing melalui GUI.

Built-in search engine sudah disediakan, meskipun lambat. Namun, ini bisa disiasati dengan menggunakan search engine berbasis Xapian.

MOINMOIN bia didownload disini atau disini

2. DOKUWIKI

0 komentar:

Posting Komentar